18 August 2014

Kerning

Kerning adalah istilah untuk jarak antara dua huruf atau karakter dalam sebuah kata, sebuah kalimat, atau sebuah paragraf. Jarak tersebut berpengaruh pada mudahnya keterbacaan dan berpengaruh juga pada keindahan susunan huruf sebuah kata atau kalimat.

Dalam dunia desain dan tipografi, kerning diartikan sebagai seni menyesuaikan jarak antar karakter dalam sebuah kata dengan tujuan untuk memudahkan mata yang melihat. Dengan pengaturan kerenggangan dan kerapatan yang baik antara huruf atau karakter dalam kata, akan memberikan kesan mengalir bagi orang yang membaca. Sebagai bagian dari tipografi, pengaturan kerning yang bagus adalah yang membuat pembaca tidak menyadari bahwa ia sedang membaca tulisan yang telah diatur sedemikian rupa dan tidak merasa terganggu dengan pengaturan tersebut.

Karena itu, seorang desainer grafis akan menghindari penggunaan kerning standar dari perangkat lunak sebuah komputer. Pasalnya, bentuk setiap huruf dalam sistem standar perangkat lunak tetap saja memiliki perbedaan, ini berarti bahwa ada beberapa huruf yang memiliki jarak lebih lebar dari huruf lainnya, atau sebaliknya. Meski secara sistem matematis jarak tersebut adalah jarak yang standar, namun secara optis jarak tersebut berbeda dan akan cepat disadari oleh mata pembaca.